SARHID Gorontalo Kirim Anggota Peserta Diklatsar Basarnas


Pengurus Wilayah Search and Rescue (SAR) Hidayatullah Provinsi Gorontalo mengirimkan sejumlah utusannya menjadi peserta pendidikan dan pelatihan (Diklat) SAR yang digelar oleh Basarnas Gorontalo selama 7 hari.

Diklat SAR ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor (Kakan) Basarnas Gorontalo Hi Heriyanto, S.Adm. Adapun peserta merupakan utusan mitra dan potensi Basarnas Gorontalo sejumlah 100 orang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme mitra Basarnas untuk memenuhi kebutuhan penangan bencana yang terjadi di perairan Gorontalo,” katanya.

Heriyanto berharap, dari kegiatan diklat ini semakin meningkatkan mutu, kapasitas, dan profesionalisme para potensi mitra Basarnas.

Sementara itu, Ketua SAR Hidayatullah Gorontalo Khusnul Aqibah mengatakan gelaran kegiatan selama sepekan ini dalam rangka untuk meningkatkan kewaspadaan pelayanan terhadap bencana di perairan.

“Basarnas Gorontalo memang secara rutin melakukan pelatihan untuk peningkatkan mutu dan profesionalisme seluruh mitra dan potensi di Gorontalo termasuk SAR Hidayatullah,” kata Khusnul.

Dia menambahkan, anggota SAR Hidayatullah yang diutus untuk mengikuti kegiatan diklat SAR yang diselenggarakan oleh Kantor Basarnas Gorontalo, ini fokus pada materi Medical First Responder (MFR) dan Water Rescue yang digelar selama 7 hari di BPMP dan Pantai Botutonuo, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Grontalo, mulai Selasa (07/3/2023) hingga Ahad (12/3/2023).

Dalam kegiatan ini SAR Hidayatullah Gorontalo mengutus lima orang anggota terbaik yang terdiri dari anggota muda termasuk Ketua Pemuda Hidayatullah Gorontalo Qosim Kolonta dengan tujuan kaderasasi dan penambahan jumlah anggota baru untuk SAR Hidayatullah Gorontalo.*/Walimin/ Hidayatullah.or.id