Arah dan Strategi Kebijakan Organisasi DPW Gorontalo

 



 

Oleh. Ketua DPW. Hidayatullah Gorontalo

 

Ust. Safruddin, S.Sos.

Sebagai stater poin saya dalam sambutan ini adalah surah

Fushilat : 30

 (إِنَّ ٱلَّذِینَ قَالُوا۟ رَبُّنَا ٱللَّهُ ثُمَّ ٱسۡتَقَـٰمُوا۟ تَتَنَزَّلُ عَلَیۡهِمُ ٱلۡمَلَـٰۤىِٕكَةُ أَلَّا تَخَافُوا۟ وَلَا تَحۡزَنُوا۟ وَأَبۡشِرُوا۟ بِٱلۡجَنَّةِ ٱلَّتِی كُنتُمۡ تُوعَدُونَ)

 

Kita dalam menjalankan amanah di lembaga ini harus didasari oleh niat yg baik (iman), olehnya wahyulah yg membangun serta mengantar kita melakukan kontribusi dalam perjuangan, bukan materi seperti pemahan oriantalis. Wahyulah yang memahami kita bagaimana memberi manfaat sebanyak-banyaknya.

 Ada sesuatu sehingga berbeda sekali dgn pemikiran liberal yg hanya berfikir bagaimana menberi manfaat yg banyak hanya kepada diri dan keluarganya bukan kepada orang banyak dan perjuangan ini.

Wahyu mengatakan bagaimana kita memberi manfaat dan keutungan sebanyak-banyaknya (hadist) Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-

Dalam kaidah perjuangan ini sebagaimana dalam ayat adalah harta dan diri kita. Kalu tidak ada harta maka  diri kita yang harus menjadi instrument utama yang di Infakan di jalan Allah, sehingga suka dan duka dalam dakwah dan perjuangan ini adalah keutungan dan keberkahan dalam kehidupan ini (ada rasa kepuasan batin kita dalam perjuangan ini).  klu biasa - biasa saja tidak ada gunung yang terjal yang menghalangi langkah kita dalam perjuangan ini maka tidak terasa hidup makan berkutang dan terasa biasa-biasa saja.

Sehingga Paradikma DPW. dan DPD.  Selalu progresif, yang harus di bangun kedepan. Ini akan luar biasa perkembangan Hidayatullah. Insya Allah akan terformat kedepan, makanya butuh kesiapan yg memadai setiap kader khususnya pengurus DPW.  dan DPD. kedepan.

Maka yang harus Terus dilakukan adalah peningkatkan iman, meningkatkan amal (kerja), peningkatan ilmu dan meningkatkan profesionalisme,

 

Arah dan strategi  kebijakan organisasi kita  kedepan adalah, standarisasi, sentralisasi dan integrasi sistemik.

1.   Standarisasi di penting sehingga bisa kita evaluasi. Standarisasi adalah usaha Bersama-sama yang membentuk standar. Standar adalah sebuah aturan

2.   Sentralisasi manifestasi imamah jama'ah, sentralisasi adalah konsekwensi dari konsep imamah jama'ah. Ada PDO, PO dan kebijakan-kebijakan organisasi lainnya, termasuk membuat program harus sentralisasi. Sehingga setiap kebijakan yangg di ambil ditingkat DPW. dan DPD.  tidak berdiri sendiri, tapi satu kesatuan dari pusat. Sentralisasi ini penting utk terwujudnya standarisasi.

3.   Standarisasi dan sentralisasi tidak akan terwujud kalau tidak di singkronkan (integrasi sistemik)

 

Dept. Pendidikan & kepesantrenan  :

1.   Membuat konsep terpadu pendidikan LPIH

2.   Menyusun ďata base calon lulusan jenjang SMU perangkatan

3.   Melaksanakan pelatihan guru, pengasuh dan pandu

4.   Menstandarisasi manajemen, keuangan, kurikulum, bahan ajar

Dept. pengkaderan

1.   Menentukan hari halaqah seprti hari dakwah

2.   Membuat bentuk pengotrolan GNH, bersinergi dengan Murabbi

Keunggulannya menstadarisasi dan mensinergikan (formal, kepengasuhan, diniyah dan kepanduan)

Dept . Organisasi

1.   Mengembangkan jariangan hidayatullah, melalui dr rumah qur'an atau yg lainnya sebelum membuat DPD/DPC.

2.   Peran kader Hidayatullah sesuai PO. SDI.

3.   Membuat data base SDI yang terintegrasi degan memanfaatkan IT.

4.   Menyusun jenjang karir anggota dan kader

5.   Membuat standarisasi gaji, walaupun nanti blm 100%

6.   Membuat standarisasi pegawai, anggota dan kader

7.   Ikut basik training untuk calon DPD.

Menjadi program unggulannya membuka 5 DPC. baru

 

Dept . Dakwah

Hidayatullah hadir sebagai lokomotif hadirnya peradaban Islam (ust. Abdullah Said)

Program primadona Dakwah : Dakwah fardiyah dan grand MBA. untuk melahirkan rumah qur’an dan majelis qur’an. Sehingga menjadi target 10 rumah qur’an

 

Dept . Ekonomi

Di Ekonomi, Telah merumuskan terwujud kemandirian jamaah dan kemandiri organisasi.

1. Kemandirian ekonomi organisasi mendorong bentuk terwujudnya seluruh usaha ekonomi organisasi kita akan sentralisasikan dan terintegrasi

2. Kemandirian ekonomi jama'ah, Kita dorong, kita fasilitasi dan memberi ruang kader-kader yang bergerak di ekonomi selama ini degan membentuk koperasi

 

Sekertaris

DPW.  harus punya kantor di pusat kota provinsi dan ada kepala kantornya

Panduan administrasi kantor.

Seragam DPW.

Perubahan struktur dan infrastrukturnya itu menyatu dalam satu dotring konsolidasi idil, organisasi dan wawasan utk mewjudkan terwujudnya standarisasi, sentralisasi dan integrasi secara Sistemik. Konsolidasi Idil, bagaimana menjalankan seluruh jati diri hidayatullah dalam kehidupan kader (pemikiran dan perilaku kader) dan GNH. Wawasan Idil

Konsolidasi Organsasi, bagaimana terwujudnya Tritertib. Tertib organisasi, tertib program dan tertib administrasi.

Bagaimana ketika pengurus dpd pulang dari Rakerwil ini, organisasinya  harus termenej dan tersistemik lagi.

Gerakan kita Hadir dalam jamaah dan kepemimpinan, sehingga perjalanan kita dikuatkan dan di lindungi Allah

Ketaatan pengurus / kader adalah sejauh mana mentaati dan menjalankan seluruh hasil keputusan (regulasi) Majelis Syura'.

Yang terpenting lagi adalah bagaimana pelaksanaan program mainstrem kita yakni tarbiyah dan dakwah itu berjalan di daerah2 kita

Konsolidasi wawasan,  peningkatan diri kader belajar bisa dengan membaca, halaqah, kajian-kajian kitab dan melanjutkan pendidikan formal ke jenjang berikutnya.

Alhamdulillah perjalan peremajaan kepengurusan (Rejuvinas) berjalan dagan baik, semua pengurus degan penuh semangat melaksanakan Gerakan-gerakan awalnya, Orang-orang tua juga degan mudah melepaskan estafet perjuangan ini kepada yang lebih muda, sehingga mereka memberi suport dan spirit kepada pelanjutnya

Kepada Murabbi dan senior-senior lembaga untuk selalu melakukan transformasi jatidiri Hidayatullah dan kelembagaan lainnya.

Tentu amanah  pekerjaan kita kedepan itu berat, maka kita harus lakukan 3 hal yakni 3 M. dan adalah kunci sukses dakwah dan organisasi kita.

1.   Musyawarah

Musyawarah merupakan hal penting dan Pondasi dalam pergerakan organisasi karna disana membahas tentang perencanaan program, mengkontrol  dan mengevaluasi program, oleh sebab itu kami pengurus DPW Hidayatullah Gorontalo akan sangat memperhatikan hal ini.

Ada hal menarik sekarang ini, rapat bisa dilaksanakan kapan saja dimana dengan media daring/online sangat membantu, bisa jadi solusi misalkan dalam sebulan 1 kali Offline, saat pleno akhir setiap bulan.

2.   Mujahadah

Mujahadah artinya bersunguh-sunguh maksudnya kita bersungguh-sunguh terhadap apa yang sudah diterapkan dalam musyawarah tentunya, nah dalam MUNAS & MUSWIL kemarin sudah ditetapkan dan disosialisasikan tentang arah kebijakan Strategis lima tahun ke depan ini yang menjadi acuan kerja-kerja pengurus ditingkat wilayah dan daerah, selain itu akan dimatangkan dengan RAKERWIL dan RAKERDA, agar lebih terukur, terarah dan dapat dievaluasi. Disinilah Fungsi MUJAHADAH sangat menentukan bagaimana program tersebut bisa dilaksanakan dengan sempurna, sehebat apapun programnya klo tidak ada mujahadah melaksanakannya maka tentunya tidak akan bisa mencapai target.

Mengambil istilah Allahuyarham Ustadz Abdullah Said, Mental Kader itu jangan seperti kerupuk,  jangankan kena air kena angin melempen,..maksudnya kader harus siap menghadapi tantangan dan rintangan siap bekerja keras, jangan manja.. Misalkan Kalau tidak ada mobil ya pakai motor, kalau tidak ada motor ya naik Kereta, kalau tidak ada kereta ya jalan kaki... Allahu Akbar

 

Yuk kita mulai bermujahadah dalam perjuangan ini, InsyaAllah Allah akan hadir memberikan pertolonganNya tepat pada saat kita membutuhkan

3.   MUNAJAT

Munajat atau doa memohon pertolongan Allah SWT, inilah kunci utama dan terkahir dari sukses Dakwah dan Organisasi.

Munajat merupakan langkah terakhir yang kita lakukan setelah bermusyawarah dan bermujahadah yang kita lakukan maka terakhir kita munajatkan semua program, proposal dan problematika dalam perjuangan ini kepada Allah swt, sampaikan semua kepada Allah disepertiga malam disana waktu yang sangat tepat karna Allah SWT turun langsung dan akan menjawab dan memberikan solusiNya yang terbaik.

Kalau GNH ini kita jaga dengan istiqomah, maka yakinlah Allah SWT akan memberikan Pertolongannya kepada kita dan keajaiban-keajaiban akan terjadi dengan tidak kita sangka -sangka, bahkan diluar nalar kita.

Semoga Allah SWT mudahkan dalam menjalankan 3 M tersebut ( Musyawarah, MUJAHADAH & Munajat) sebagai kunci sukses Dakwah & Organisasi.

 

Closing stantmen,

Kebijakan sentralisasi, standarisasi dan integritas sistemik itu berlaku di semua bidang dan departemen.