Kisah Pembantu Pembawa Berkah

 



Jika Allah menginginkan sesuatu, maka Dia yang akan menyiapkan sebabnya. Berikut ini sebuah kisah nyata tentang seorang pembantu rumah tangga (TKW) miskin yang telah Allah jadikan sebagai sebab keberkahan. Dia seorang wanita yang putus sekolah yang terpaksa mengorbankan keindahan hidup bersama dengan anak-anak dan suaminya, serta harus merasakan pahit getirnya perantauan dan keterasingan jauh dari sanak keluarga demi memenuhi kebutuhan keluarganya. untuk menyonsong masa depan Pendidikan anak-anaknya yang tidak sempat ia rasakan akibat kemiskinan.

Sang pembantu itupun menyiapkan tasnya untuk pergi ke Ibukota Jakarta, dan setelah ia mengikuti pelatihan keterampilan  rumah tangga singkat, ia berangkat menggunakan pesawat terbang untuk pertama kali dalam hidupnya menuju Provinsi Al Qasim Saudi Arabia. Tepatnya di kota Buraidah untuk bekerja di sebuah keluarga besar yang kaya raya Bersama beberapa TKW lain dari Indonesia yang menemaninya di perantauan. Akan tetapi berbeda dengan teman sejawatnya, TKW yang satu ini, ia sangat mudah menyatu dengan keluarga tersebut sehingga ia mencintai mereka dan mereka mencintainya. Ia merasakan seolah berada di tengah keluarganya sendiri. Bagaimana tidak, karena ia telah mendapatkan perlakuan yang  baik dan majikannya pun mendapatkan pembantu tersebut sebagai seorang pribadi yang jujur, amanah, dan ikhlas. Sehingga keluarga itupun berulangkali mengajaknya untuk melakukan umroh. Iapun selalu ikut bersama keluarga tersebut, yang kerapkali melakukan perjalanan dari rumahnya ke Villa di kebunnya yang terletak di Buraidah dan Makkah Al Mukarromah, karena majikannya seorang syekh yang kaya raya.

Ia hidup di tengah tengah rumah yang besar, yang dipenuhi dengan berbagai macam harta benda dan kemewahan. Hal ini berbeda dengan kondisi rumah dan keluarganya di Indonesia. yang sangat sederhana dan lebih memprihatinkan lagi Ketika di waktu musim hujan. Namun ia tak pernah berpikir untuk meminta sesuatu bagi dirinya atau keluarganya kecuali gaji bulanan yang selalu ia terima. Hal ini berbeda dengan kebanyakan para pembantu lain yang silih berganti bekerja di rumah tersebut, mereka senantiasa meminta kepada sang majikan. Sosok dermawan selalu memberikan bantuan di dalam dan di luar negeri, sampai suatu ketika sang majikan meminta kepadanya untuk menyampaikan apa yang diinginkannya. Di luar dugaan, Pembantu tersebut ternyata tidak meminta sesuatu untuk keperluan pribadi atau keluarganya. dia meminta apa?...,dia justru meminta agar majikannya menyelesaikan pembangunan masjid yang ada di desanya.

 Benar, ia memiliki obsesi yang sangat tinggi, ia tidak meminta untuk dirinya atau keluarganya, akan tetapi untuk seluruh penduduk desanya, artinya permintaannya bukan permintaan duniawi akan tetapi permintaan yang sangat mulia yaitu membangun rumah di antara rumah-rumah Allah. Permintaannya itupun tidak sia sia, sang majikan menyetujui untuk mewujudkan obsesinya itu secepatnya, lalu majikanpun meminta alamat desa kepada sang pembantu untuk mengutus seseorang agar melakukan survei terhadap proyek tersebut.

Sang majikanpun menyampaikam hal itu kepada salah seorang syekh kepercayaannya untuk mencari informasi tentang hal itu. Maka syekh itupun melakukan komunikasi dengan salah seorang syekh yang bekerja dan berdomisili di Jakarta. Syekh yang menjadi perantara itupun menyampaikan maksud dan tujuannya serta meminta kepada beliau untuk memberikan informasi yang cukup akan kebenaran dan tingkat kebutuhan terhadap proyek tersebut. Sehingga syekh itupun segera mengirimkan dua orang da'i terpercaya dari orang Indonesia untuk melakukan survei ke sebuah daerah terpencil nan jauh di pedalaman Sukabumi, maka keduanya pun menyampaikan informasi yang cukup tentang status tanah dan anggaran yang dibutuhkan. Maka komunikasipun terjalin yang mengabarkan bahwa proyek tersebut sangat mendesak dan kondisi penduduk desa yang sangat miskin yang tidak memiliki kemampuan harta untuk menyelesaikan proyek pembangunn masjid tersebut. Dan keduanyapun memberikan taksiran bahwa anggaran yang dibutuhkan berkisar SR 90.000 (Sembilan puluh ribu Real Saudi), atau sekitar Rp. 360.000.000 (Tigaratus enam puluh juta Rupiah)

Syekh yang bekerja dan berdomisili di Jakarta Kembali menuturkan:  "Syekh perantara itupun langsung memberikan balasan bahwa majikan pembantu itu – yang tidak  pernah saya kenal dan beliaupun tidak mengenal saya- telah menyetujuinya, dan  beliau siap menanggung seluruh anggaran pembangunan masjid tersebut sebagai proyek pertamanya di Indonesia. Ketika proyek itu selesai, kamipun mengirim beberapa photo dokumentasi yang meliput shalat jum'at pertama yang dilakukan di sana, sebagaimana kamipun telah mengirimkan kepada keluarga besar tersebut beberapa dokumentasi proses pembangunan masjid dari awal sampai akhir, dan merekapun sangat senang dengan hal itu, Alhamdulillah.

Beberapa waktu kemudian, sebuah Universitas Negeri di Jambi membutuhkan sebuah masjid jami' dalam kampus, karena saat itu Universitas hanya memiliki dua mushalla kecil yang masing-masing hanya cukup menampung 30 orang jamaah saja, oleh sebab itu mereka tidak bisa melaksanakan shalat jum'at. Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun masjid jami' tersebut sebesar $ 100.000 (Seratus ribu Dollar Amerika) atau sekitar Rp. 1.400.000.000 (Satu milyar empat ratus juta rupiah). Maka sayapun meminta kepada majikan dermawan ini untuk membangunnya sebagai proyek keduanya di Indonesia. Lalu beliaupun menyetujui dan proyek itupun selesai dengan sempurna menjadi sebuah masjid jami' yang megah didirikan di dalamnya shalat jum'at dan jama'ah.

Kemudian setelah itu ada Universitas Negeri di Palu Sulawesi tengah, juga mengajukan permohonan yang sama, dan Kembali sang donatur itu menanggung seluruh proyek tersebut dengan anggaran lebih dari $100.000, dan beliaupun sangat senang seperti senangnya para penerima manfaat tatkala proyek itu selesai.

Kedua kampus tersebut sangat membutuhkan masjid, namun aturan perguruan tinggi di Indonesia tidak memperbolehkan untuk memberikan bantuan materi bagi pembanguhan masjid di dalam lingkup instansi pemerintah walau mayoritas penduduk Indonesia dari kalangan kaum muslimin, demi untuk menjaga solidaritas bagi non musim dan agar mereka tidak menuntut untuk membangun tempat-tempat ibadah mereka. Sehingga celah itupun ditutup.

Proyek demi proyekpun silih berganti di berbagai Perguruan tinggi. Universitas Maulana Malik Ibrahim di Malang Jawa Timur dan sebuah Universitas Swasta di Jakarta, mereka membutuhkan perpustakaan ilmiyah, maka Kembali sang donaturpun tanpa ragu memenuhi permohonan tersebut. Beliaupun memberikan bantuan perpustakaan bagi kedua universitas tersebut, meliputi buku-buku berbahasa arab, inggris dan indonesia dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu agama, ilmu umum, sosial, kedokteran, computer, tehnik ataupun berbagai disiplin ilmu lainnya. Masing-masing perpustakaan tersebut bernilai $ 300.000 (Tiga ratus ribu Dollar Amerika) atau senilai Rp 4.200.000.000 (Empat miliar dua ratus juta rupiah). Sehingga keduanya menjadi perpustakaan yang sangat terkenal di Kawasan tersebut dan menjadi tujuan bagi para penuntut ilmu dan peneliti.

 

Setelah itu ada IAIN Medan ibukota Provinsi Sumatra Utara, mereka memiliki Proyek pembangunan Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab. Meliputi proyek pembangunan Gedung 3 lantai, di dalamnya terdapat 4 laboratorium, masing-masing bisa menampung 30 orang mahasiswa, sebuah perpustakaan, Gedung adimistrasi dan sarana pendukung lainnya, proyek ini menelan anggaran $ 800.000 (Delapan ratus ribu Dollar Amerika) atau senilai Rp. 11.200.000.000 (sebelas miliar dua ratus juta rupiah). Proyek inipun mendapatkan sambutan yang sangat hangat dan penuh lapang dada dari sang donatur.

Informasi tentang proyek-proyek mulia ini menjadi viral dan banyak diberitakan di kalangan akademisi dan masyarakat Indonesia, merekapun banyak mendengar tentang kisah seorang donatur Saudi yang selalu menolak jika namanya ditulis di Prasasti semua proyek yang dibantunya.

Kemudian datanglah proposal dari Universitas Negeri Makassar (UNM) yang terletak di Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan yang mengajukan proyek serupa dangan IAIN Medan, maka Kembali beliaupun menanggung seluruh proyek tersebut seperti proyek sebelumnya.

Kemudian Universitas Darussalam di Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo, mereka membutuhkan Pusat Studi Sirah Nabawiyah, lalu beliaupun menanggung semuanya.

Di Pondok pesantren lain, mereka ingin melalukan perluasan Pesantren Putri, beliaupun Kembali membangunkan bangunan-bangunan baru bagi pondok pesantren tersebut dengan total anggaran hamper SR 500.000 (Lima ratus ribu Real Saudi) atau senilai Rp 2.000.000.000 (Dua miiar rupiah). Dan pada semua proyek ini beliau menolak untuk ditulis Namanya, dan hanya meminta agar ditulis "Pelaku Kebaikan." Kecuali di dua Universitas di Medan dan Makassar, karena desakan para pimpinan di kedua universitas tersebut akhirnya beliaupun setuju untuk dibubuhkan namanya di batu Prasasti dengan berat hati.

Kembali kepada sang pembantu pembawa berkah, yang menjadi pintu kebaikan bagi keluarga dan negerinya, sehingga ia menjadi salah satu sebab terciptanya proyek-proyek yang bernilai jutaan real Saudi, karena karunia Allah kemudian karena keikhlasan dan kejujurannya, berawal dari pembangunan masjid di kampungnya, sungguh iapun telah menjadi  kunci kebaikan bagi proyek-proyek kebaikan berikutnya. Sehingga Bapak Maftuh Basyuni (mantan Menteri Agama RI), beliau menyebutnya "Pembantu Pembawa Berkah", semoga Allah membalasnya dengan kebaikan."

Ada sesuatu yang unik di balik kisah di atas, bahwa dalam kurun waktu proses pembangunan seluruh proyek tersebut sampai tuntas, antara kedua orang pria ini (Syekh yang bekerja di Jakarta dan Sang Donatur), keduanya tidak pernah bertemu sebelumnya. Syekh yang bekerja di Jakarta berkata: "Suatu ketika, saya berlibur, pulang dari Jakarta menuju Buraidah untuk memberikan salam kepada bunda tercinta -rahimahallah- dan keluarga lainnya. Saat itu ada salah seorang karib kerabat kami yang sudah lanjut usia -rahimahullah- ia diopname di Rumah Sakit sehingga saya pergi untuk menjenguknya dan menyampaikan salam kepadanya, ketika masuk ke gudung Rumah sakit, di salah satu Lorong saya melihat dua orang lelaki lansia yang masing-masing menggunakan tongkat. Dan tatkala saya masuk ke dalam ruangan kerabat tersebut, tiba-tiba kedua lansia itupun -semoga Allah menjaga keduanya- masuk ke dalam ruangan yang sama untuk menjenguk kerabat saya. Putra dari kerabat kamipun menyambutnya dan mengenalkan saya pada keduanya. Ia berkata: "ini Abu Fulan bekerja di Indonesia."

Lalu salah seorang di antara mereka melihat kepada saya dan tersenyum dan tidak berkata apapun kecuali mengatakan: "Hayyakallah" (Semoga Allah melindungi kehidupanmu). Kemudian iapun mengenalkan kedua lansia itu, ternyata salah seorang di antara keduanya adalah Pria Dermawan yang banyak memberikan kebaikan yang telah mendanai berbagai proyek dari A sampai Z. benar, inilah dia orang baik yang pertama kali saya berjumpa dengannya, dan di mana?...di sebuah amalan yang mulia yaitu menjenguk orang yang sakit.

Kedua orang itupun berpamitan dan keluar dari ruangan. Sayapun segera menyusulnya keluar lalu menghentikan orang baik itu, sayapun mencium kepalanya (sebagai tradisi penghormatan dalam budaya arab) dan berterima kasih kepadanya atas segala kebaikan yang telah diberikannya. Tiba-tiba beliau berkata: "Karunia itu hanyalah dari Allah aza wa Jalla, kemudian sayalah yang harus berterima kasih kepada anda, anda pemilik kebaikan karena anda telah menunjukkan kepada saya berbagai pintu kebaikan dan membantu saya merealisasikannya. Maka semoga Allah menerima ibadah anda dan bagi semua saudara di Kedutaan Saudi Arabia di sana atas semua usaha dan Kerjasama dalam membantu Pendidikan, dan menyebarkan kebaikan serta membantu saya dalam melaksanakan proyek-proyek itu."

 

Penulis: Abdul Majid Muhammad Al Umary

Alih Bahasa: Zezen Zaenal Mursalin