Sambutan Ketua Umum DPP Dalam Rakerwil 2022 Gorontalo

 



SAMBUTAN KETUA UMUM DPP1

 

KONSOLIDASI IDIIL, ORGANISASI, DAN WAWASAN MENUJU TERWUJUDNYA STANDARISASI, SENTRALISASI, DAN INTEGRASI SISTEMIK

 

احلمد  هلل  رب  العاملني  والصالة  والسالم  على  أشرف  األنبياء

 

واملرسلني وعلى آله وأصحابه أمجعني ....

 

 

Alhamdulillah, segala bentuk pujian kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas restu dan ridhaNya, sehingga pada hari ini dapat diselenggarakan acara Pembukaan Rapat Kerja Wilayah tahun 2021 di tempat yang berbahagia ini. Semoga selama penyelenggaraan Rakerwil ini tidak ada satu aral melintang dan dapat berjalan sukses sesuai rencana. Shalawat dan salam kami sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad Saw, seorang idola ummat manusia yang berhasil membangun Peradaban Islam di persada bumi ini. Semoga spirit perjuangan beliau dapat kita warisi sebagai modal untuk melanjutkan risalah perjuangan beliau di abad ini. Amien

 

Hadirin dan hadirat yang berbahagia,

 

Rapat kerja wilayah merupakan agenda tahunan Dewan Pengurus Wilayah yang dihadiri oleh seluruh anggota Dewan Pengurus Wilayah, unsur Dewan Pengurus Daerah, unsur Organisasi Pendukung tingkat wilayah (Pemuda dan Mushida) serta unsur amal usaha dan badan usaha tingkat wilayah seperti Kampus Madya, BMH Perwakilan, serta unsur Dewan Pengurus Pusat.

 

Keberadaan unsur DPD, Organisasi Pendukung, amal usaha dan badan usaha tingkat wilayah dalam rapat kerja wilayah adalah mutlak diperlukan dalam rangka terbangunnya kerjasama secara kolektif, sinkronisasi dan koordinasi serta dukungan berupa kontribusi dari DPD, amal usaha dan badan usaha tingkat wilayah untuk terlaksananya program kerja DPW yang disepakati. Sedangkan keberadaan unsur Dewan Pengurus Pusat adalah untuk memastikan bahwa seluruh keputusan dan kebijakan yang diambil dalam rapat kerja wilayah ini berada dalam rangkaian keputusan dan kebijakan yang sama dan semakin menguatkan dan membumikan kebijakan dan keputusan yang telah diambil dalam Sidang Pleno, Musyawarah Majelis Syura serta kesepakatan-kesepakatan Rapat Kerja Nasional.


1.    Disampaikan dalam acara Pembukaan Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) Hidayatullah 2021.


 

Setelah pelaksanaan Rapat kerja Wilayah ini juga diharapkan agar DPD, amal usaha dan badan usaha tingkat wilayah dapat menuangkannya lebih lanjut dalam program kerja yang lebih terperinci lagi, terukur dan dapat dilihat dan dinilai secara lebih kuantitatif lagi di lembaganya masing-masing. Proram kerja 2021 ini merupakan turunan dari program umum lima tahunan 2020-2025 yang mengacu kepada arah kebijakan strategis yang telah ditetapkan dalam Munas V pada akhir bulan Oktber 2020 yang lalu.

 

Kita juga harus meyakini bahwa segala bentuk karya yang dihasilkan pada periode sebelumnya, kinerja yang dicapai, prestasi yang diraih semuanya akan dinilai dan diberi ganjaran oleh Allah SWT, bahkan disaksikan oleh Rasulullah

SAW dan orang-orang beriman kelak di Akhirat. Allah Ta’ala berfirman:

﴿َوقُِل  ا ْع َملُوا  فَ َسَََيى  ا هَّللُ  َع َملَ ُك ْم  َوَر ُسولُهُ  َوالْ ُمْؤِمنُو َن ۖ  َو َسُُتَُّدو َن  إََِٰل  َعاِِِل  الْغَْي ِب

َوال هش َها َدةِ فَ يُ نَ بِ ئُ ُك ْم ِِبَا ُكْن تُْم تَ  ْع َملُو َن

Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang- orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS. At- Taubah : 105)

 

Hadirin dan hadirat yang berbahagia,

 

Rapat Kerja Nasional I di Jakarta akhir Desember 2020 yang lalu telah menegaskan bahwa fokus kebijakan organisasi selama periode 2020-2021 adalah Konsolidasi Idiil, Organisasi dan Wawasan Menuju Standarisasi, Sentralisasi dan Integrasi Sistemik.

 

Oleh karena itu dalam rapat kerja wilayah kali ini, Tri Konsolidasi dan Kebijakan Standarisasi, Sentralisasi dan Integrasi Sistemik, Arah Kebijakan Strategis, Program Umum dan Kesepakatan Rakernas harus dipahami dengan baik oleh peserta rakerwil khususnya oleh pengurus DPW yang bertanggungjawab terhadap terlaksananya program tersebut. Secara teknis perlu dipastikan telah disepakatinya keberadaan Kampus Madya dan Pratama serta ditetapkannya Pembina dari kampus tersebut. Forum rapat kerja wilayah ini dapat dimanfaatkan untuk memutuskan hal-hal tersebut bila memang selama ini belum ada keputusan resmi tentang keberadaan Kampus Madya dan Pratama beserta pembinanya.

 

Konsolidasi Idiil yaitu internalisasi jatidiri Hidayatullah secara fikriyah dan amaliyah, secara konsep maupun kultur kepada seluruh kader Hidayatullah. Enam jatidiri harus menjadi doktrin, paradigma berfikir dan spirit gerakan yang


menjiwai seluruh kebijakan dan program organisasi. Setiap momen baik formal maupun informal hendaknya dijadikan sebagai sarana transformasi jatidiri secara massif.

 

Konsolidasi Organisasi adalah upaya membangun soliditas pengurus, kader dan anggota, serta menyatukan kekuatan dan potensi yang dimiliki dalam rangka mewujudkan visi organisasi. Kebijakan standarisasi, sentralisasi dan integrasi sistemik terus disosialisasikan dan diimplementasikan dalam berbagai bidang.

 

Alhamdulillah, kita semua juga sudah semakin mempunyai pemahaman yang sama tentang pentingnya menata organisasi ini lebih terstandar, tersentralisasi dan terintegrasi. Sentralisasi kebijakan secara nasional melalui Peraturan-peraturan organisasi, sentralisasi program melalui sinergitas program mainstream, dan sentralisasi asset melalui Badan Hukum Perkumpulan Hidayatullah. Kebijakan standarisasi di berbagai bidang terus dilakukan, antara lain standarisasi institusi pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas Pendidikan Integral Hidayatullah. Selain itu, pada tahun 2021 ini standarisasi halaqah kader perlu diwujudkan agar kualitas para kader terus meningkat dari waktu ke waktu, baik kualitas intelektual maupun kualitas spritualnya. Selanjutnya seluruh program-program yang telah dicanangkan akan berjalan dengan baik dengan hasil yang maksimal jika terjadi integrasi, sinergi, dan sinkronisasi serta kerja sama yang baik di antara semua departemen dan institusi yang terkait.

 

Konsolidasi Wawasan dilakukan sebagai upaya peningkatan wawasan keilmuan setiap kader yang meliputi wawasan keislaman, wawasan kelembagaan, wawasan global, wawasan regional dan lokal. Tujuannya agar pengurus dan memilki pemahaman yang cukup dan komprehensif sebagai pijakan dalam mengambil kebijakan dan menentukan sikap dalam menghadapi berbagai persoalan dan permasalahan keummatan dan kebangsaan.

 

Hadirin dan hadiraat yang berbahagia,

Selain materi penting di atas, ada beberapa agenda penting dalam Rapat Kerja Wilayah kali ini antara lain sebagai berikut:

1.               Penyusunan Program kerja dan APBO Tahun 2021. Program kerja mengacu kepada hasil Rakernas yang disosialisasikan oleh DPP.

2.               Penetapan komitmen-komitmen berikut:

a.  Kontribusi kader, orpen, amal usaha dan badan usaha untuk Pembangunan Gedung Dakwah Hidayatullah sesuai SK DPP No 38 tgl 12 Oktober 2017.

b. Komitmen menyukseskan Sinergitas Program Mainstream


c.  Pengembangan jaringan baru Hidayatullah di Kabupaten dan Kota melalui Majelis Qur’an atau Rumah Qur’an

d. Pendataan secara integrasi untuk database organisasi, kader dan anggota

e. Pengalihan asset organisasi ke Badan Hukum Perkumpulan

g. Komitmen menjalankan Gerakan Talaqqi Nasional melalui Majelis Qur’an yang dimulai dari pengurus structural dana amal usaha dan selanjutnya diikuti oleh seluruh kader.

 

Saya juga mengingatkan agar kesepakatan menjadikan hari Sabtu sebagai hari dakwah/silaturrahim dan Selasa sebagai hari rapat pekanan. Saya juga mengharapkan agar seluruh pengurus struktural terus berkomitmen untuk aktif mengikuti halaqah kader. Kita harapkan agar kebijakan ini akan menjadi kebiasaan dan kultur (budaya) sehingga di backmind kader Hidayatullah tergambar bahwa setiap hari Sabtu kader Hidayatullah aktif berdakwah mengajak ummat untuk berislam lebih baik lagi, dan satu hari dalam sepekan aktif berhalaqah kader untuk meningkatkan kualitas diri dan setiap hari Selasa berkumpul untuk rapat koordinasi membicarakan program-program keummatan. Insya Allah seluruh aktifitas yang kita lakukan di lembaga perjuangan ini dengan niat karena Allah dan untuk mencari ridha-Nya akan bernilai ibadah, amal shaleh dan jihad fi sabilillah.

 

Akhirnya, kami ucapkan selamat bermusyawarah dan sukses Rapat Kerja Wilayah tahun 2021. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan taufiq dan hidayah kepada kita semua. Amien.

 

Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah

 

 

NASHIRUL HAQ

Ketua Umum